Cara Membuat Terbaru 2023, dengan syarat bikin ktp Biaya

Sangat penting bagi warga yang sebentar lagi menginjak usia 17 tahun untuk memahami cara membuat KTP, serta prasyarat dan biaya yang diperlukan. karena Kartu Tanda Penduduk (KTP) adalah dokumen penting bagi warga negara Indonesia. Berikut syarat bikin ktp biaya pembuatan KTP terbaru 2023.

KTP itu apa?

KTP adalah dokumen hukum yang harus digunakan oleh semua warga negara sebagai identitas. Semua informasi pribadi, termasuk nama, Nomor Induk Keluarga (NIK), dan tanggal lahir, ada di dalam KTP.

Mulai tahun 2011, KTP sudah tersedia secara elektronik atau e-KTP.

Secara umum, KTP sendiri berfungsi sebagai tanda pengenal dan simbol kewarganegaraan. KTP biasanya diperlukan untuk memenuhi berbagai persyaratan, mulai dari pembukaan rekening bank hingga pendaftaran vaksin hingga mendapatkan SIM.

Syarat Bikin KTP Terbaru 2023

1. Usia minimal 17 tahun

2. Surat pengantar dari Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) (RW)

3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)

4. Surat keterangan berangkat dari kota asal, jika tidak lahir dan dibesarkan di sana.

5. Badan Pelaksana Warga Negara Indonesia (WNI) yang datang dari luar negeri karena pindah akan menerbitkan surat keterangan pindah dari luar negeri.

6. Langsung menuju kantor Kelurahan, dimana pengajuan KTP akan diambil sidik jari dan difoto.

Alur Buat KTP Terbaru 2023

1. Fotokopi dokumen yang diperlukan: Bergantung pada berapa banyak dokumen yang dibutuhkan, mungkin diperlukan lebih dari satu lembar. Untuk mempermudah proses pembuatan e-KTP, ada baiknya memfotokopi setiap dokumen 2–3 kali sebelum mengunjungi kelurahan.

2. Mengunjungi Kelurahan: Anda harus datang langsung ke kelurahan dan tidak dapat diwakilkan untuk membuat e-KTP. Ambil garis saat Anda masuk. Pemrosesan e-KTP biasanya tersedia mulai pukul 08.00 hingga 15.00.

3. Penyerahan dokumen: saat giliran Anda tiba, serahkan salinan dokumentasi yang telah Anda siapkan kepada petugas Kelurahan. Membawa dokumen asli untuk ditunjukkan kepada staf adalah ide yang cerdas.

4. Ambil foto dan sidik jari: setelah mengirimkan dokumen Anda, Anda akan diminta untuk melakukannya. Saat e-KTP diperoleh, Anda akan menerima surat pengantar jika semua prosedur telah diikuti. Sambil menunggu e-KTP diambil, surat ini bisa Anda gunakan sebagai kartu identitas sementara.

Bergantung pada backlog, pengurusan e-KTP dapat diselesaikan dengan cepat. Sambil menunggu, pengambilan e-KTP dimungkinkan 14 hari kemudian. Jika e-KTP tidak dapat diambil selama ini, harap verifikasi ke kelurahan terkait.

Biaya Buat KTP Terbaru 2023

Seperti diketahui, pemerintah telah membebaskan biaya administrasi untuk penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, dan Akta Kematian per 1 Januari 2014. Alhasil, tidak ada biaya terkait pembuatan KTP.

Materi ini menguraikan syarat-syarat bikin ktp biaya yang diperlukan untuk membuat KTP. Semoga cara pembuatan KTP Terbaru 2023 ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *